Masukan Kata Kunci

Email Dosen dan Tenaga Kependidikan ITB

Direktorat Teknologi Informasi (DTI) ITB memberikan fasilitas layanan email dosen dan tenaga kependidikan di kampus ITB untuk menunjang kelancaran komunikasi kegiatan akademik maupun kegiatan dinas dosen dan tenaga kependidikan ITB.

Berkenaan dengan penggunaan email untuk keperluan dinas pegawai ITB, maka kami informasikan bahwa berdasarkan Peraturan Rektor ITB No. 639/IT1.A/PER/2021 tentang pengelolaan domain ITB, Pasal 11 ayat (1) butir a, disebutkan bahwa pegawai ITB wajib menggunakan e-mail dengan domain itb.ac.id, staff.itb.ac.id atau pusat.itb.ac.id.

Domain email selain @itb.ac.id, @staff.itb.ac.id dan @pusat.itb.ac.id akan di non-aktifkan pada tanggal 1 Januari 2023. Pegawai ITB yang masih menggunakan email selain 3 domain yang dijelaskan diatas, kami sarankan untuk melakukan pengaturan email forwarder pada email yang masih digunakan saat ini dan melakukan pengaturan email signature untuk memberikan informasi kepada rekan kerja/rekan bisnis Anda, bahwa email dengan domain lama akan segera di non-aktifkan dan juga memberikan informasi alamat email baru yang Anda gunakan.

Pegawai ITB yang belum mempunyai email ITB dapat melakukan permintaan pembuatan email dengan domain @itb.ac.id dengan mengirimkan permintaan melalui Aplikasi Layanan DTI atau dapat juga melalui Email it-helpdesk@itb.ac.id.

Cara Login Email Dosen dan Tenaga Kependidikan ITB

Untuk mengakses alamat email Anda, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, salah satunya menggunakan browser (Chrome,Microsoft Edge, Mozilla Firefox, dll). berikut adalah tautan untuk mengakses email menggunakan webmail/browser:
Direktorat Teknologi Informasi (DTI) ITB memberikan fasilitas layanan email dosen dan tenaga kependidikan di kampus ITB untuk menunjang kelancaran komunikasi kegiatan akademik maupun kegiatan dinas dosen dan tenaga kependidikan ITB.

Berkenaan dengan penggunaan email untuk keperluan dinas pegawai ITB, maka kami informasikan bahwa berdasarkan Peraturan Rektor ITB No. 639/IT1.A/PER/2021 tentang pengelolaan domain ITB, Pasal 11 ayat (1) butir a, disebutkan bahwa pegawai ITB wajib menggunakan e-mail dengan domain itb.ac.id, staff.itb.ac.id atau pusat.itb.ac.id.

Domain email selain @itb.ac.id, @staff.itb.ac.id dan @pusat.itb.ac.id akan di non-aktifkan pada tanggal 1 Januari 2023. Pegawai ITB yang masih menggunakan email selain 3 domain yang dijelaskan diatas, kami sarankan untuk melakukan pengaturan email forwarder pada email yang masih digunakan saat ini dan melakukan pengaturan email signature untuk memberikan informasi kepada rekan kerja/rekan bisnis Anda, bahwa email dengan domain lama akan segera di non-aktifkan dan juga memberikan informasi alamat email baru yang Anda gunakan.

Pegawai ITB yang belum mempunyai email ITB dapat melakukan permintaan pembuatan email dengan domain @itb.ac.id dengan mengirimkan permintaan melalui Aplikasi Layanan DTI atau dapat juga melalui Email it-helpdesk@itb.ac.id.

Migrasi Server Mail ITB

Berdasarkan Surat Edaran Nomor : 1015/IT1.B05.3/TU.09/2022 kami informasikan bahwa pada tanggal 29 November 2022 Direktorat Teknologi Informasi (DTI) ITB sudah melakukan migrasi email dari sistem on premise (zimbra & iredmail) ke Cloud Microsoft Office 365. Berikut adalah beberapa informasi terkait migrasi email tersebut:
  • Domain email yang dimigrasikan: @itb.ac.id, @staff.itb.ac.id dan @pusat.itb.ac.id
  • Domain mailing list yang dimigrasikan: @itb.ac.id
  • Fitur email Microsoft 365:
    • Satu sistem email untuk dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa. 
    • Kuota email 100 Gb.
    • Sudah terintegrasi dengan One Drive dengan kapasitas 1 TB.
    • Perlindungan security menggunakan Office 365 Cloud App Security.
  • Selama Migrasi 
    • Mulai tanggal 29 November 2022, email baru akan masuk ke Email Office 365. 
    • Mulai tanggal 29 November 2022, email on premise di https://mail.itb.ac.id, https://pusat.itb.ac.id, atau https://staff.itb.ac.id tidak diperbolehkan digunakan untuk pengiriman email dan tidak dapat melakukan penerimaan email. 
    • Mailbox email akan dimigrasikan ke Email Office 365 secara berkala dengan perkiraan waktu penyelesaian sampai 31 Januari 2023. 
    • Selama migrasi mailbox, mailbox on premise masih dapat diakses melalui https://mail.itb.ac.id, https://pusat.itb.ac.id, atau https://staff.itb.ac.id. 
    • Setelah migrasi mailbox, mailbox onpremise di https://mail.itb.ac.id, https://pusat.itb.ac.id, atau https://staff.itb.ac.id akan ditutup aksesnya. 
  • Untuk mengakses email pada sistem Microsoft 365, Anda bisa menggunakan beberapa cara yaitu:
    • Menggunakan webmail dengan mengakses alamat https://outlook.office.com/mail/, kemudian login menggunakan akun Microsoft 365 (username@office.itb.ac.id).
    • Menggunakan mail client Microsoft outlook yang dapat Anda gunakan setelah melakukan instalasi pada perangkat Anda. Aplikasi Microsoft Outlook dapat Anda install pada sistem operasi Windows, MacOS, IOS dan Android. Jika pada perangkat Anda sudah ter-install aplikasi Microsoft 365, maka Anda sudah bisa langsung mengakses aplikasi Microsoft Outlook.
    • Menggunakan aplikasi mail client Thunderbird
Biaya Layanan:
Tanpa biaya

Pengguna:
  • Dosen
  • Tenaga Kependidikan
Panduan:


FAQ:
Bagaimana cara mengakses email ITB baru?
Untuk mengakses email ITB dapat menggunakan beberapa cara, yaitu:
  • Menggunakan browser (mozilla firefox, chrome, Microsoft edge, dll.) dengan mengakses tautan https://outlook.live.com kemudian login menggunakan akun Microsoft 365 Anda.
  • Menggunakan aplikasi Microsoft Outlook yang dapat Anda install pada perangkat dengan sistem operasi Windows, Android, IOS dan MacOS.