Enter your keyword

Konfigurasi Proxy di OSX

Konfigurasi Proxy di OSX

Berikut petunjuk setting proxy di OSX sebagai berikut :

  1. Di desktop OSX, pilih Finder > Applications > System Preferences, atau gunakan shortcut keyboard “alt/option + Command”, ketik “system preference”
  2. Di System Preferences, pilih menu Network
  3. Kami mengasumsikan anda terhubung menggunakan Wifi, misalnya Hotspot ITB, maka di dialog Network pilih Wi-Fi > Advanced. Di dialog advance, pilih tab Proxies. Centang bagian Web Proxy (HTTP) dan Secure Web Proxy (HTTPS). Isi bagian Secure Web Proxy Server dengan : cache.itb.ac.id : 8080, kemudian centang bagian Proxy server requires password, da nisi Bypass proxy settings untuk domain : *.local, 167.205.0.0/16, *.itb.ac.id. Isi Username dengan username INA anda, dan password dengan password proxy anda. Petunjuk penggunaan password dapat dibaca di halaman https://dti.itb.ac.id/pengelolaan-password-kata-sandi-untuk-akun-layanan-teknologi-informasi-itb/. Setelah selesai mengisi url proxy dan username, pilih OK.
  1. Petunjuk penggunaan proxy di OSX selesai, silahkan cek kembali koneksi browser/aplikasi anda. Silahkan menghubungi kami kembali jika masih mengalami kesulitan.

Troubleshoot

Setelah melakukan upgrade dari OS X mountain lion ke maverics, biasanya muncul issue pada koneksi yang menggunakan proxy dengan authentikasi, yakni proxy terus menerus meminta informasi login kepada pengguna, terutama ketika melakukan koneksi https dan juga pada appstore. Berikut langkah-langkah yang dapat digunakan untuk mengatasinya.

 

1. Buka aplikasi “Keychain Access” pada maverics Anda.

 

2. Buat informasi login AI3 pada login keychain seperti contoh berikut. Kemudian klik add.

 

 

3. Copy, informasi login yang tadi telah dibuat pada “Login Keychain”. Informasi ini kemudian akan di paste di “System Keychain”.

 

4. Buka “System Keychain”. Kemudian klik kanan dan pilih paste seperti pada gambar.

5. Selesai, seharusnya Anda sudah bisa mengakses app store maupun browser dengan koneksi https. Jika masih kesulitan silahkan hubungi cacheadm di nicadm@itb.ac.id.

NB: Langkah-langkah tadi dilakukan dengan asumsi Anda telah melakukan setting proxy pada “System Preferences”.