Enter your keyword

VPS (Virtual Private Server)

 1. Pengertian VPS
Virtual Private Server (VPS) adalah sebuah server virtual pribadi yang keseluruhan teknologi dan kemampuannya digunakan oleh satu pengguna saja, sehingga tak ada pengaruh dari pengguna lain. Berbeda dengan pengguna server bersama (shared hosting), seorang pengguna VPS dapat mengubah berbagai pengaturan dan konfigurasi dari server tersebut sesuai kebutuhannya. Jika dibandingkan dengan layanan hosting, VPS menawarkan kualitas jaringan yang lebih stabil dan aman karena semua resource yang ada pada server hanya dapat diakses oleh satu pengguna saja. Pada umumnya, VPS sering digunakan oleh pemilik website dengan traffic menengah-tinggi yang sudah melewati batas yang ditawarkan oleh layanan hosting. Hal ini karena VPS menggunakan teknologi virtualisasi yang membagi server fisik menjadi beberapa sumber daya yang berbeda. Dengan sumber daya pribadi, performa website dari pengguna server ini tidak akan terpengaruh oleh pengguna lainnya.
2. Kelebihan VPS
Selain memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai pengaturan sesuai kebutuhan, berikut kelebihan lain dari VPS:
  • Resource Lebih Baik
    Dengan VPS, resources berupa RAM, CPU, Bandwidth akan Anda gunakan sepenuhnya sendiri. Tidak perlu tercampur dan berbagi resource dengan pengguna lain. Sehingga performa situs anda akan menjadi lebih baik.
  • Perfoma Lebih Baik
    Karena semua sumber daya digunakan sendiri, tentu performa server menjadi lebih baik. Tingkat kemungkinan untuk terjadi downtime lebih kecil karena server Anda tidak terpengaruh oleh pengguna lain. Performa server yang baik tentunya menghasilkan performa website yang baik pula. Situs dengan performa yang baik akan terhindar dari kemungkinan bounceback dari pengunjung.
  • Keamanan dan Privasi Lebih Terjamin
    VPS memungkinkan Anda untuk menyimpan berbagai file dalam database tersendiri. Pengguna VPS lain tidak akan bisa mengakses database Anda walaupun berada dalam satu server fisik. Selain itu, VPS memiliki sistem backup yang mumpuni. Sehingga, apabila terjadi kesalahan dan gangguan, file-file anda terjamin keamanannya dan dapat dipulihkan dengan segera.
  • Kontrol Penuh
    Walaupun berada dalam satu server fisik yang sama dengan pengguna VPS lain, Anda tetap memiliki akses ke SSH (Secure Shell Connection) dan root server Anda.

3. Kekurangan VPS
Selain memiliki beberapa kelabihan, VPS juga mempunyai satu kekurangan yaitu harus memiliki kemampuan teknis. Kebebasan kontrol dan pengubahan pengaturan di berbagai aspek yang ditawarkan VPS menuntut penggunanya untuk memahami pengetahuan teknis pengoperasian server dengan baik. Terlebih lagi, server merupakan bagian yang vital yang akan mempengaruhi kinerja seluruh situs dan aplikasi anda. Satu kesalahan saja dilakukan pada proses konfigurasi dapat berakibat fatal. Jika Anda tidak memiliki kemampuan teknis yang mumpuni, sebaiknya Anda membentuk atau menyewa tim khusus untuk mengelola serta memelihara server.
4. Layanan VPS ITB
Layanan VPS yang disediakan oleh DTI dapat digunakan oleh unit kerja, organisasi kemahasiswaan, tenaga kepandidikan dan seluruh sivitas akademika ITB. Sebelum melakukan permintaan layanan VPS, silahkan baca dulu syarat dan ketentuan penggunaan layanan VPS pada bagian Sevice Level Agreement (SLA). Permintaan penggunaan Layanan VPS dapat mengirimkan permintaan melalui aplikasi layanan DTI atau dapat juga melalui alamat email it-helpdesk@itb.ac.id dan melampirkan form pemesanan layanan VPS.
5. Download
Form Pemesanan Layanan VPS
1. Syarat dan Ketentuan Layanan VPS
  • Layanan VPS dapat digunakan oleh mahasiswa/dosen/tenaga kependidikan/unit kerja/organisasi kemahasiswaan di dalam ITB yang masih aktif.
  • Pengajuan layanan oleh unit kerja harus disetujui oleh pimpinan unit kerja.
  • Pengajuan layanan oleh organisasi kemahasiswaan harus disetujui oleh LK (Lembaga Kemahasiswaan) atau pimpinan fakultas/sekolah.
  • Pengajuan layanan VPS hanya untuk mendukung kegiatan tridarma ITB.
  • Pengguna layanan VPS menyatakan dan menyetujui bahwa layanan yang digunakan merupakan tanggung jawab pengguna sepenuhnya.
  • Pengguna akan bertanggung jawab atas kerugian yang dialami klien secara langsung maupun tidak langsung ataupun kerugian yang mengakibatkan kehilangan pendapatan/keuntungan nyata yang diharapkan pengguna, dan tuntutan dari pihak manapun atas terganggunya layanan yang dimiliki oleh DTI. Apabila kejadian tersebut terjadi, maka pengguna tidak menyalahkan DTI dalam bentuk apapun.
  • DTI tidak menanggung segala kerusakan, kehilangan data, kerusakan system computer dan tidak memberikan kompensasi apapun yang diakibatkan penggunaan layanan atau aplikasi pengguna (termasuk ke dalam, tapi tidak terbatas pada downnya koneksi provider ITB, error koneksi provider Pengguna, kerusakan hardware, akun pengguna terkena hack, kesalahan pengguna, kelalaian staf DTI yang tidak disengaja dan lain sebagainya).
  • DTI akan memberitahukan data status server yang dipergunakan antara lain: informasi data center, network usage jika terjadi masalah, konektivitas atau interkoneksi, penggunaan storage and load server.
  • DTI akan berusaha memberitahukan dalam rentang waktu 24 jam jika akan diadakan maintenance yang mengakibatkan service tidak dapat diakses seperti : restart server, pergantian DNS, penggantian IP dan hal penting lainnya.
  • DTI akan menghubungi pengguna dengan menggunakan alamat email utama yang terdapat di database kami jika sewaktu-waktu diperlukan.
  • Pengguna diwajibkan memperbaharui alamat email jika terjadi perubahan.

2. Isi Konten VPS
Setiap konten yang ada pada VPS tidak boleh melanggar peraturan dan perundangan yang berlaku di Negara Indonesia. DTI tidak bertanggung jawab atas setiap konten yang terdapat didalamnya, oleh karena itu terlepas dari segala bentuk tuntutan hukum yang berlaku atas konten pribadi pengguna VPS jika terbukti terjadi pelanggaran dalam bentuk apapun. Adapun DTI memberlakukan ketentuan penyiaran konten yang tidak diperbolehkan ada di VPS, yaitu:
  • Menjalankan program Bitcoin Miners
  • Menjalankan cron jobs (program otomatis pada server) dengan interval kurang dari 15 menit.
  • Menjalankan semua jenis program BOT dan atau sejenisnya
  • Menjalankan semua jenis web spider atau indexer (termasuk Google Cash / AdSpy / Bitcoin).
  • Menjalankan software yang terhubung dengan jaringan IRC (Internet Relay Chat).
  • Menjalankan aplikasi atau pelacak untuk bit torrent. Pengguna hanya dapat menyediakan link ke website resmi torrents, tetapi tidak diperkenankan menjadi host atau menyimpannya sendiri pada server.
  • Berpartisipasi / terkoneksi dengan kegiatan file sharing / peer-to-peer.
  • Menggunakan VPS sebagai video dan audio streaming.
  • Menggunakan VPS sebagai server game seperti counter-strike , half-life , battlefield1942 , dll.
  • Abuse server.
  • Menyediakan ilegal content sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pelanggaran HAKI.
  • Penghinaan terhadap individu/organisasi lain.
  • Menjual barang tiruan/bajakan/palsu atau menjual barang dengan merek palsu. Crawl Script.

3. Masa Aktif VPS
  • Selambat lambatnya 14 (empat belas) hari sebelum masa aktif VPS berakhir, pengguna/penanggung jawab VPS akan menerima notifikasi terkait layanan VPS yang akan segera berakhir, sampai dengan tanggal Masa aktif VPS berakhir.
  • Setelah masa aktif VPS berakhir port SSH yang hanya akan aktif selama periode 30 (tiga puluh) hari terhitung setelah masa aktif VPS berakhir, yang di sebut masa tenggang VPS.
  • Setelah masa tenggang VPS berakhir, seluruh port akan di non-aktifkan tidak terkecuali port SSH, dan status VPS menjadi “To Be Recycle”.
  • Status VPS “To Be Recycle” hanya memiliki jangka waktu 30 (tiga puluh) hari setelah masa tenggang berakhir.
  • Setelah masa Status VPS “To Be Recycle” berakhir VPS akan sepenuhnya di hapus dari Server VM utama secara otomatis, jika tanpa ada konfirmasi dari pengguna/penanggung jawab VPS terkait sebelum masa Status VPS “To Be Recycle” berakhir.

4. Pelanggaran dan Sanksi
Jika pengguna VPS melakukan pelanggaran atau menggunakan VPS melebihi batas penggunaan wajar, maka akan dikenakan penghentian layanan sementara (suspend), dan pengguna VPS akan mendapatkan email berisi permintaan untuk menyesuaikan penggunaan layanan. Suspend yang terjadi akibat mencapai resource limit secara terus-menerus akan berhenti begitu masalah yang terjadi sudah diatasi.
Service Charge:
No charge

User:
Unit Kerja*
* Harus ada persetujuan dari pimpinan unit kerja terkait.
How to
FAQ