Enter your keyword

Visi & Misi

Visi
Dengan mengacu pada arah pengembangan jangka panjang ITB, maka visi Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi ITB adalah :
“ Mendukung ITB menjadi world class university dengan inovasi dan penyediaan sarana teknologi informasi yang akan meningkatkan daya saing institusi .”

Selengkapnya

Perkembangan teknologi yang sangat cepat telah menyebabkan banyak perubahan pada berbagai industri hingga bentuk yang disebut Industry 4.0. Perkembangan industri terakhir ini berpengaruh besar pada berbagai sektor industri, termasuk sektor pendidikan. Bahkan, secara umum, perubahan teknologi terakhir ini berpengaruh besar pada perubahan bentuk masyarakat, sehingga membentuk tatanan masyarakat baru yang disebut Society 5.0 (super smart society).

Society 5
Gambar 1. Industry 4.0 dan Society 5.0

Perkembangan yang cepat ini telah menyebabkan disrupsi di berbagai sektor industri. Institusi apa pun dihadapkan pada pilihan: berubah secara drastis mendisrupsi diri sendiri atau didisrupsi oleh pihak lain. Salah satu konsekuensi perubahan yang terjadi dengan cepat ini adalah perlunya setiap organisasi untuk selalu melakukan evaluasi diri untuk mengoreksi visi misi organisasi serta seluruh infrastruktur pendukungnya, termasuk infrastruktur teknologi. Teknologi Informasi bukanlah teknologi utama lagi yang secara umum dijadikan pendukung untuk peningkatan otomasi dan efisiensi proses bisnis. Secara umum ada teknologi-teknologi kunci lainnya yang menjadi “enabler baru” untuk melahirkan inovasi-inovasi baru dalam bisnis apa pun, seperti Big Data Analytic, Artificial Intelligence, Internet of Thing, dan sebagainya.

Rencana strategis organisasi serta Rencana Strategis Teknologi Informasi (RSTI) menjadi hal yang sangat penting untuk menjamin ketersediaan infrastruktur teknologi yang selalu siap dan cukup untuk mendukung seluruh proses bisnis. RSTI tersebut harus selalu dijaga agar align (selaras) dengan renstra organisasi. Perkembangan teknologi juga berpotensi mendorong perubahan RSTI. Teknologi baru yang lebih efisien harus selalu menjadi pertimbangan dalam implementasi sistem. DSTI sebagai salah satu Unit Kegiatan Pendukung di ITB mengemban misi untuk memberikan pelayanan Sistem dan Teknologi Informasi yang prima bagi seluruh sivitas akademika ITB dalam rangka mencapai visi ITB. Renstra DSTI (RSTI ITB) 2021-2025 merupakan acuan strategis untuk pengembangan Sistem dan Teknologi Informasi dalam jangka waktu 5 tahun mendatang dengan memperhatikan rencana ITB dan lingkungan strategisnya. Renstra DSTI ini akan mendasari penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan DSTI dalam kurun waktu antara 2021 sampai dengan 2025.

Lihat_lebih_sedikit

 

Misi
Misi Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi (DSTI) sebagai unit pendukung kegiatan akademik dan non-akademik memiliki misi untuk mendukung pelaksanaan tridharma perguruan tinggi di ITB, dapat diuraikan sebagai berikut :

  • Menyediakan infrastruktur, aplikasi, serta berbagai layanan berbasis TI untuk mendukung kegiatan-kegiatan (1) Pendidikan dan Pengajaran, (2) Penelitian, serta (3) Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan oleh komunitas ITB.
  • Bekerja sama dengan berbagai pihak internal dan eksternal untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur, aplikasi, serta berbagai layanan berbasis TI kepada komunitas ITB.
  • Melakukan asistensi kepada berbagai unit kerja di lingkungan ITB untuk pengembangan dan Operasional STI di unit kerja masing-masing.
X