ITB Account adalah satu-satunya akun yang dapat digunakan untuk mengakses layanan-layanan Teknologi Informasi (TI) yang ada pada jaringan kampus ITB.
Selain sudah menerapkan sistem Single Sign On (SSO), ITB Account juga mempunyai fitur Multi Factor Authentication (MFA) sehingga dapat memberikan tingkat perlindungan lebih tinggi, dibandingkan hanya menggunakan username dan password saja.
Berikut adalah layanan Teknologi Informasi (TI) yang dapat diakses menggunakan ITB Account:
Catatan: Sampai dengan tanggal tersebut diatas, akses ke dashboard Zoom masih menggunakan akun INA.
Selain sudah menerapkan sistem Single Sign On (SSO), ITB Account juga mempunyai fitur Multi Factor Authentication (MFA) sehingga dapat memberikan tingkat perlindungan lebih tinggi, dibandingkan hanya menggunakan username dan password saja.
Berikut adalah layanan Teknologi Informasi (TI) yang dapat diakses menggunakan ITB Account:
- Aplikasi Internal ITB seperti aplikasi akademik (SIX), Learning Management System ITB (Edunex) dan aplikasi lainnya yang sudah terintegrasi dengan SSO ITB.
- Virtual Private Network (VPN) ITB.
- Akses Wi-Fi ITB (ITB Hotspot dan Eduroam)
- Lisensi Zoom Meeting (Mulai tanggal 31 Juli 2023).
- Lisensi Microsoft 365.
- Email ITB.
Catatan: Sampai dengan tanggal tersebut diatas, akses ke dashboard Zoom masih menggunakan akun INA.
Pengelolaan ITB Account
- Pengecekan ITB Account Mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan dapat mengecek ITB Account melalui tautan berikut Pengecekan ITB Account, untuk mahasiswa baru dapat melihat username dan password ITB Account pada bagian control panel di https://akademik.itb.ac.id.
- Reset Password
-
Ada 2 cara jika Anda ingin mengganti kata sandi ITB Account Anda:
- Reset Password ITB Account , verifikasi untuk mengganti password baru akan dikirimkan ke alamat email Non-ITB. Jika email non-ITB yang terdaftar sudah tidak Anda gunakan, silahkan menghubungi layanan DTI melalui email it-helpdesk@itb.ac.id atau melalui Whatsapp Layanan DTI untuk memperbarui alamat email Non-ITB Anda.
- Reset Password ITB Account via Azure (Opsi kedua ini hanya bisa Anda gunakan jika nomor handphone Anda sudah terdaftar sebelumnya)
Layanan terkait
Biaya layanan:
Tanpa biaya.
Pengguna:
Tanpa biaya.
Pengguna:
- Mahasiswa.
- Dosen.
- Tenaga Kependidikan.
- Dosen tidak tetap.
- Tenaga Kependidikan Kontrak Jasa Perseorangan (KJP).
Panduan:
FAQ:
Cara 1.
Restart perangkat yang digunakan untuk melakukan akses aplikasi Microsoft.
Cara 2.
Logout dan Login kembali ke ke Sharepoint, Microsoft Teams, dan OneDrive. Logout dari Sharepoint, Microsoft Teams, dan OneDrive baik di aplikasi maupun di browser. Tutup aplikasi Sharepoint, Microsoft Teams, dan OneDrive. Tutup aplikasi browser Login ke Sharepoint, Microsoft Teams, dan OneDrive baik di aplikasi maupun di browser.
Cara 3.
Sharepoint, Microsoft Teams, dan OneDrive melalui web browser. Jika tidak ada kendala untuk mengakses Sharepoint, Microsoft Teams, dan OneDrive tetapi ada kendala akses di aplikasi Sharepoint, Microsoft Teams, dan OneDrive, silahkan tunggu 1x24 jam untuk propagasi perubahan. Cara 4. Clear cache pada browser. Tutup aplikasi Browser, Sharepoint, Microsoft Teams, dan OneDrive. Clear Browser Cache. Clear Teams application cache, dengan cara: Tutup aplikasi Teams dan Outlook. Klik Run ( Windows + R ) Ketik %appdata% dan tekan Ok. Di dalam folder Roaming, hapus folder Microsoft Teams dan folder Teams. Masuk ke folder Microsoft. Hapus folder Teams. Buka aplikasi Teams. Lalu Logout dan Login kembali.
Cara 5. Jika setelah 1x24 jam, masih ada kendala akses Aplikasi SharePoint, Microsoft Teams, dan OneDrive, silahkan kontak layanan helpdesk DTI berikut ini: Whatsapp : +62-811-130-6666 E-mail : it-helpdesk@itb.ac.id
Restart perangkat yang digunakan untuk melakukan akses aplikasi Microsoft.
Cara 2.
Logout dan Login kembali ke ke Sharepoint, Microsoft Teams, dan OneDrive. Logout dari Sharepoint, Microsoft Teams, dan OneDrive baik di aplikasi maupun di browser. Tutup aplikasi Sharepoint, Microsoft Teams, dan OneDrive. Tutup aplikasi browser Login ke Sharepoint, Microsoft Teams, dan OneDrive baik di aplikasi maupun di browser.
Cara 3.
Sharepoint, Microsoft Teams, dan OneDrive melalui web browser. Jika tidak ada kendala untuk mengakses Sharepoint, Microsoft Teams, dan OneDrive tetapi ada kendala akses di aplikasi Sharepoint, Microsoft Teams, dan OneDrive, silahkan tunggu 1x24 jam untuk propagasi perubahan. Cara 4. Clear cache pada browser. Tutup aplikasi Browser, Sharepoint, Microsoft Teams, dan OneDrive. Clear Browser Cache. Clear Teams application cache, dengan cara: Tutup aplikasi Teams dan Outlook. Klik Run ( Windows + R ) Ketik %appdata% dan tekan Ok. Di dalam folder Roaming, hapus folder Microsoft Teams dan folder Teams. Masuk ke folder Microsoft. Hapus folder Teams. Buka aplikasi Teams. Lalu Logout dan Login kembali.
Cara 5. Jika setelah 1x24 jam, masih ada kendala akses Aplikasi SharePoint, Microsoft Teams, dan OneDrive, silahkan kontak layanan helpdesk DTI berikut ini: Whatsapp : +62-811-130-6666 E-mail : it-helpdesk@itb.ac.id
Silahkan klik tautan berikut Reset Password ITB Account
Silahkan menghubungi layanan DTI melalui email it-helpdesk@itb.ac.id atau melalui Whatsapp Layanan DTI untuk memperbarui alamat email non-ITB Anda.